Berita
Tingkatkan wawasan dan pengetahuan Mahasiswa melalui Fieldtrip, Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan kunjungi PTPN 7 Unit Bunga Mayang

Tingkatkan wawasan dan pengetahuan Mahasiswa melalui Fieldtrip, Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan kunjungi PTPN 7 Unit Bunga Mayang

Polinela. Kamis (23/12/2021). Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan (JBTK) melaksanakan kegiatan fieltrip bagi mahasiswa/i Program Studi D4 Produksi dan Manajemen Industri Perkebunan (PMIP) ke Unit Bunga Mayang PTPN 7 Lampung Utara Provinsi Lampung.

Fieltrip diikuti oleh 59 orang mahasiswa/i program studi PMIP semester 5 dan 5 orang dosen pendamping (antara lain: Ir. Wiwik indrawati, M.P, Ir. Albertus Sudirman M.P, Ir. Made Same, M.P, Maryanti, M.Si dan Febrina delfita sari, M.Si ). Kegiatan fieltrip didampingi secara langsung oleh Ketua Jurusan yaitu Bapak Ir. Bambang Utoyo,M.P dan Sekretaris Jurusan Bapak Dimas Prakoswo W, M.P.

Rombongan bertolak dari kampus Politeknik Negeri Lampung menuju lampung utara pukul 07:00 WIB dan tiba dilokasi kunjungan sekitar pukul 09:30 WIB. Setibanya di Unit Bunga Mayang rombongan fieltrip diterima secara langsung oleh Direktur Utama PT BCN, Bapak Putu Sukarmen yang didampingi oleh General Manager (GM) PG Bapak Buma Willy Mulyawan.

Pada prosesi penerimaan rombongan fieltrip, dalam sambutannya, Bapak Putu Sukarmen selaku Direktur Utama menyampaikan bahwa Unit Bunga Mayang menyampaikan apresiasi atas kepercayaan Politeknik Negeri Lampung memilih Unit Bunga Mayang sebagai lokasi fieltrip dan beliau menyampaikan bahwa Unit Bunga Mayang sangat terbuka untuk menerima mahasiswa/i program field trip, Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan Penelitian. Beliau menegaskan bahwa upaya Ini adalah sebagai bentuk dukungan program Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh pemerintah. dan diakhir sambutannya beliau mengatakan bahwa Unit Bunga Mayang juga terbuka untuk menerima sharing pengetahuan baru dari perguruan tinggi yang dapat diaplikasikan dalam proses bisnis tebu. Willy Mulyawan, selaku GM Unit Bunga Mayang berpesan kepada mahasiswa Fieldtrip untuk terus meningkatkan pengetahuan dan mensinergikannya dalam aplikasi operasional lapangan di dunia kerja nantinya.

Sedangkan Ir. Bambang Utoyo, S.P selaku Ketua Jurusan dan pimpinan rombongan dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada Dirut dan GM beserta jajaran Unit Bunga Mayang atas perizinan, penerimaan dan penyambutan kegiatan fieldtrip. dan Beliau menerangkan bahwa proses balajar mengajar pada fieltrip lebih terikat pada tujuan kegiatan dan tugas belajar, bagi mahasiswa/i sebagai peserta didik fieltrip berfungsi untuk melengkapi pengalaman belajarnya selama mengikuti pertemuan kuliah teori dan kuliah praktikum di kampus, sehingga fieltrip bukan hanya karyawisata yang sifatnya kunjungan biasa, akan tetapi merupakan bagian integral dari kurikulum program studi.

Proses kegiatan fieldtrip di Unit Bunga Mayang dilaksanakan dengan menerapkan aturan dan protokol kesehatan secara ketat. Kegiatan fieltrip difokuskan pada kunjungan langsung untuk mempelajari proses bisnis di lini on farm (tanaman) mulai dari pengolahan tanah sampai dengan klentek tebu serta pengenalan alat mekanisasi tanaman.

Editor : Dimas