Berita
Kunjungan Lapang ke Kelompok Tani KTH Bina Wana di Desa Tribudisyukur, Kecamatan Kebun Tebu , Kabupaten Lampung Barat

Kunjungan Lapang ke Kelompok Tani KTH Bina Wana di Desa Tribudisyukur, Kecamatan Kebun Tebu , Kabupaten Lampung Barat

Lampung Barat, Sabtu (18/12/21). D3 Produksi Tanaman Perkebunan telah melaksanakan Kunjungan Lapang (Field Trip) ke Kelompok Tani KTH Bina Wana di Desa Tribudisyukur, Kecamatan Kebun Tebu, Kabupaten Lampung Barat.

Acara ini dihadiri oleh Sekertaris Jurusan Dimas Prakoswo Widiyani, S.P., M.Si., Kepala Program Studi D3 Produksi Tanaman Perkebunan, Adryade Reshi Gusta, S.P., M.Si., Kepala Program Studi Pengolahan Tanaman Kopi Sismita Sari, S.P., M.P., Perwakilan dari Industri LDC (Louis Dreyfus Commodities) Research and Sustainability, Robert Tri Hartoaji, S.P. serta Dosen dan PLP Program Studi D3 Produksi Tanaman Perkebunan.

Dalam Kegiatan ini Kepala Program Studi D3 Produksi Tanaman Perkebunan Pak Adryade Reshi Gusta, M.P., M.Si. selaku Ketua Pelaksana mengucapkan terimakasih atas suport dari KTH Bina Wana dan Industri yang diwakilkan LDC (Louis Dreyfus Commodities) yang ikut hadir dalam Kunjungan. Dalam kegiatan ini Ketua Pelaksana dalam laporannya menyampaikan bahwa “D3 Produksi Tanaman Perkebunan dari Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan bersama mahasiswa sebanyak 35 Mahasiswa perwakilan dari masing-masing kelas, berharap silaturahmi dapat terus berlanjut seperti, Penyuluhan, Kerjasama, dan Pengembangan Program Studi”.

Perwakilan Industri LDC Robert Tri Hartoaji, S.P. mengucapkan terimakasih sudah datang ke Kelompok Tani KTH Bina Wana Desa Tribudisyukur Lampung Barat, yang mana petani kopi berkolaborasi pembinaan petani. petani diwakilkan oleh Bang Haji Pepen yang bergabung dengan Kopi Naisonal yang bekerjasama dengan SKOPI ditingkat Manajemen dan Pembinaan Petani. LDC juga sudah menandatangani program pendidikan dengan Polinela untuk pengembakan Program Studi Pengolahan Tanaman Kopi. Tujuan dari kunjungan ini diharapkan mahasiswa dapat tau siyausi dilapangan dan dapat menambah ilmu lebih dari petani secara langsung.

Selanjutnya perwakilan dari Kelompok Tani KTH Bina Wana , Haji Pepen mengatakan telah menjadi petani kopi selama 36 tahun namun lebih cenderung ke budidaya tanaman kopi, mereka juga memiliki rumah produksi, kebun, klon rote dan sekolah kopi. Mereka berharap dapat merealisasikan Program Gubernur 2ton/Ha namun untuk di Lampung Barat sendiri baru 1300 kg/Ha.

Selanjutnya Ketua Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan Ir. Bambnag Utoyo., M.P. yang diwakilkan oleh Sekertaris Jurusan Dimas Prkoswo Widiyani, S.P., M.Si. mengatakan dapat bersilaturahmi menjalin kersama dengan Polinela khususnya Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan, Industri LDC, dan Masyarakat. Tujuan dari kunjungan ini adalah memperkenalkan mahasiswa tentang budidaya tanaman perkebunan, bagaimana keadaan tanaman kopi diperkebunan milik masyarakat.

Editor : Ambar