Pengabdian Mahasiswa dan Dosen Perkebunan di Desa Sukaraja Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran

Gedong Tataan, Minggu (19/12/2021). Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan melaksanakan kegiatan Pengabdian Mahasiswa dan Dosen di Desa Sukaraja Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Kegiatan ini diikuti oleh 10 Dosen (Ir. Hamdani, M.Si, Ir. Joko S.S Hartono, M.T.A, Adreyade Reshi Gusta, S.P., M.Si, Dimas Prakoswo Widiyani, S.P., M.P, Maryani, S.T.P., M.Si, Febrina Delvita Sari, S.T.P., M.Si, Widia Rini Hartari, S.T.P., M.Si, Sri Nurmayanti, S.P., M.Si.) dan 12 Mahasiswa semester 5 dari Program Studi D3 Produksi Tanaman Perkebunan dan D4 Produksi dan Menejemen Industri Perkebunan.

Pada saat penerimaan rombongan dari Politeknik Negeri Lampung diterima langsung oleh Kepala Desa Sukaraja, Dimas Siswanto mengungkapkan ucapan terimakasih kepada para dosen serta mahasiswa dari Politeknik Negeri Lampung karena sudah berkenan hadir di desa Sukaraja, serta dapat mensosialisasikan VCO (Virgin Coconut Oil) dan Budidaya Lada Perdu. Harapan dari hasil pengabdian dosen dan mahasiswa ini dapat terus dilanjutkan oleh KWT yang berada di Desa Sukaraja.

Selanjutkan Ketua Jurusan Budidaya Tanmaan Perkebunan Ir. Bambang Utoyo, M.P. diwakilkan oleh Sekertaris Jurusan Dimas Prakoswo W, S.P., M.P. mengucapkan terimakasih karena sudah diterima di Desa Sukaraja Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran ini dengan sangat baik. Beliau menegaskan Harapan dari Pengabdian ini KWT dapat membuat VCO sebagai alternatif produk dari olahan desa tersebut dikarenakan harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan minyak kelapa biasa dan juga cara pembuatan VCO lebih mudah. Selain VCO pengabdian mengenai tanaman lada perdu sangat bermanfaat untuk KWT di Desa Sukaraja. Pengenalan lada perdu diawali dengan perbedaan karakteristik lada perdu dengan sulur panjat, mengenai cara pembibitan, penanaman, dan hama penyakit serta dilakukannya demonstrasi pembibitan, pemeliharaan stek, menyambung, dan penanaman. Diharapkan dari pengabdian ini KWT dapat terus mengembangkan VCO dan Lada Serdu.