Berita
Kuliah Dosen Industri Program Studi Produksi dan Manajemen Industri Perkebunan Tahun 2022

Kuliah Dosen Industri Program Studi Produksi dan Manajemen Industri Perkebunan Tahun 2022

Polinela, Rabu 30/09/2022.  Program Studi Produksi Manajemen Industri Perkebunan (PS PMIP) Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan Politeknik Negeri Lampung kembali menyelenggarakan kegiatan Kuliah Dosen Industri dengan topik “Produksi Bahan Tanam Kelapa Sawit” pada Jumat, 30 September 2022 secara daring melalui platform virtual meeting. Kegiatan ini terlaksana melalui program Praktisi Mengajar diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Program ini mendorong kolaborasi aktif praktisi ahli dengan dosen agar tercipta pertukaran ilmu dan keahlian yang mendalam dan bermakna antar civitas akademika di perguruan tinggi dan profesional di dunia kerja.

Kuliah Dosen Industri ini dilaksanakan sebagai bagian mata kuliah Pengelolaan Tanaman Kelapa Sawit yang diampu oleh Ir. Bambang Utoyo, M. P., Ir. Dewi Riniarti, M.P., dan Yan Sukmawan, S.P., M.Si. Pada acara ini hadir sebagai narasumber Ruli Wandri, S.P., M.P. selaku Head of Agronomy Research PT Sampoerna Agro Tbk. Topik yang diulas pada kuliah dosen industri ini adalah produksi bahan tanam kelapa sawit. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa PS PMIP semester 3, Dosen, dan PLP/Teknisi PS PMIP.

Ketua Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan, Ir. Bambang Utoyo, M.P., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat mengisi kekurangan yang ada pada pembelajaran mata kuliah Pengelolaan Tanaman Kelapa Sawit. Sebagaimana diketahui, Polinela telah memiliki Unit Pembibitan Kelapa Sawit yang memproduksi bibit siap tanam dari kecambah kelapa sawit, namun tidak memiliki kebun produksi kecambah kelapa sawit.

Narasumber dalam pemaparannya memulai dengan pernyataan tentang pentingnya benih unggul yang merupakan pondasi bagi pencapaian produktivitas perkebunan kelapa sawit yang optimal. Benih kelapa sawit yang unggul memiliki salah satu atau lebih dari kriteria, yaitu daya adaptasi luas, pertumbuhannya seragam, cepat berproduksi, pertumbuhan meninggi lambat, kerapatan tinggi, dan produktivitas tinggi. 

PT Sampoerna Agro Tbk. sebagai produsen benih unggul kelapa sawit telah melakukan proses bisnis produksi bahan tanam melalui kegiatan pemuliaan. Kegiatan pemuliaan dimulai dengan penentuan pohon induk, penyerbukan buatan terkendali, panen tandan benih, dan pengecambahan benih. Mahasiswa antusias menyimak pemaparan narasumber dan memberikan beberapa pertanyaan pada sesi diskusi dan tanya jawab.

Kegiatan kuliah dosen industri tahun ini direncanakan sebanyak dua pertemuan. Pada pertemuan berikutnya, topik yang akan dibahas adalah tentang pembibitan kelapa sawit.